Minggu, 06 Maret 2016

Sejarah Manga

halo minna..
apa kabar nieh maaf mimin lama gag aktif.
mulai hari ini, blog ini akan di hiasi tentang info2 berkaitan dengan anime, manga, game.

tanpa basa basi ini artikel pertama dari mimin.

SEJARAH MANGA

mimin rasa kalian sudah tau apa itu manga kan??
manga adalah sebutan orang pada umumnya untuk komik buatan dari negara Jepang.
sudah pada baca beberapa serial manganya kan? tapi taukah kalian sejarah dari manga itu sendiri?

Sejarah manga di jepang

Manga di Jepang diawali pada jaman Edo, di mana seorang pemahat kayu dan pelukis bernama Katsushika Hokusai (1760 –1849), menciptakan istilah Hokusai Manga pada serial sketsanya yang berjumlah 15 volume dan diterbitkan pada tahun 1814. Hokusai itu sendiri berasal dari 2 huruf Cina yang memiliki arti “gambar manusia untuk menceritakan sesuatu”.

Ada juga karya manga lainnya seperti karya Satou Kyouden buku bergambar “Shiji no yukikai” (1798) dan karya Aikawa Minwa,“Manga Hyakujo” (1814) serta Rakuten Kitazawa yang menggunakan bahasa manga dalam pengertian modern. Buku komik pertama muncul di akhir abad 18, Kibyoushi, dengan tatanan gambar yang dikelilingi oleh tulisan sebagai narasinya. Manga tidak begitu berkembang hingga Perang Dunia II.

Pada awal abad 19, muncul seorang mangaka bernama Osamu Tezuka (1928-1989) yang membawa sejarah baru di dunia manga Jepang. Karyanya yang terkenal adalah Tetsuwan Atom (Astro Boy) dan manganya yang diadaptasi dari novel Treasure Island(karya Robert Louis Stevenson) meraih nilai penjualan tertinggi nasional karena sukses dijual sebanyak 400.000 eksemplar.

Mulanya komik-komik di Jepang adalah peniruan dari film animasi dari Walt Disney maka para penggemar komik Jepang saat itu adalah anak-anak. Kemudian pada tahun 1959 mulai diterbitkan dua majalah mingguan untuk anak laki-laki yaituShonen Magazine dan Shonen Sunday. Saat itu hiburan untuk anak di Jepang hanyalah komik saja, belum ada anime dan tentu saja belum ada game komputer.

Sepuluh tahun kemudian, majalah komik untuk remaja mulai terbit, diantaranya yaitu Manga Action (1967), Young Comic (1967), Play Comic (1968), Big Comic (1967). Majalah-majalah tersebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman. Beberapa manga cerita aslinya diangkat dari novel/visual novel, contohnya adalah "Basilisk" berdasarkan dari novel “Kouga Ninpouchou” oleh Futaro Yamada, ada juga yang diangkat dari segi sejarah, seperti sejarah Tiga Kerajaan (The Three Kingdom), Legenda Naga (Ryuuroden), dan sejarah-sejarah Jepang.

Setelah beberapa lama, cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut “tankoubun” (volume). Dari bentuk tankoubon inilah manga biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa lain seperti Indonesia.

Untuk beberapa judul bahkan telah/akan dibuat versi manusia atau Live Action (kadang disingkat sebagai L.A. di jepang). Ada juga sebagian judul dibuat kembali atau “remake” secara internasional oleh produsen di luar negara Jepang, seperti Amerika, yang membuat film Live Action Dragon Ball versi Hollywood (20'th Century Fox).

Sejarah Manga Di Indonesia

Manga yang pertama kali diterbitkan di Indonesia disesuaikan dengan gaya baca masyarakat Indonesia yaitu yang dimulai dari“kiri ke kanan”. Padahal, manga original dari Jepang dimulai dari“kanan ke kiri”, sehingga untuk manga yang diterbitkan di Indonesia rata-rata tokohnya menjadi kidal karena gambar yang umumnya di flip. Ketidaksamaan ini menyebabkan kerancuan untuk komik yang bergenre detektif, seperti Conan dan Kindaichi, karena menyebabkan proses penyelesaian kasus dengan gambar alibi tokoh menjadi tidak sama.

Oleh karena itu, semenjak tahun 2000an, manga yang beredar di Indonesia disesuaikan dengan keadaan asli manga yang diterbitkan di Jepang. Manga pertama yang diterbitkan di Indonesia dan menggunakan metode ini (format asli jepang atau raw) adalah Rurouni Kenshin.

Karena penggemar komik Jepang terus meningkat, banyak situs web yang menyediakan ribuan judul komik untuk dibaca secara online. Penerbit komik di Indonesia juga mulai bermunculan seperti M&C Comics, ReOn Comic, Elexmedia Komputindo, Level Comics, dan Koloni.

GENRE

Berikut adalah genre-genre yang ada di manga. Selain itu, banyak dari jenis-jenis berikut juga berlaku untuk anime dan permainan komputer Jepang.
  • Aksi akushon (アクション) : Bercerita tentang pertempuran, perkelahian, atau kekerasan
  • Fantasi fantajī (ファンタジー) : Bercerita tentang benda-benda aneh atau memiliki kekuatan di luar logika, dunia yang tidak terlihat atau lain
  • Historis hisutorikaru (ヒストリカル) : Bercerita tentang sejarah seseorang, benda, ataupun suatu tempat
  • Seni bela diri budō (武道) : Bercerita tentang berbagai seni bela diri
  • Misteri Nazo (謎} : Bercerita tentang sebuah misteri
  • Roman/Percintaan Romansu (ロマンス) : Bercerita tentang percintaan
  • Olahraga supōtsu (スポーツ) : Bercerita tentang berbagai olahraga
  • Supernatural chō shizen (超自然) : Orang-orang yang berada dalam manga tersebut memiliki kekuatan di luar logika

Genre Berdasarkan jenis pembaca

  • Manga yang khusus ditujukan untuk anak-anak disebut kodomo (子供) — untuk anak-anak.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk (Wanita) dewasa disebut josei (女性) (atau redikomi) — wanita.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk dewasa disebut seinen (青年) — pria.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk perempuan disebut shōjo (少女) — remaja perempuan.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk laki-laki disebut shōnen (少年) — remaja lelaki.
Banyak dari jenis-jenis ini juga berlaku untuk anime dan permainan komputer Jepang.


MINAT SAMA PRODUK PAKAIAN DAN ASESORIS BERTEMA ANIME? KLIK LINK DI BAWAH INI

0 komentar:

Posting Komentar

STATISTIK